Sejarah Blog di dunia maya




     Tidak ada salahnya bagi kita untuk mengenal sejarah kemunculan blog.Wep blog pertama kali muncul pada sekitar tahun 1993.Sebelum blog menjadi tekenaler, komunitas digital telah mempunyai bebeerapa forum diskusi seperti Usenet,Milis dan BBS (Bulletin Board System). Pada tahun1990, sebuah software forum internet yaitu WepEx, dibuat dengam system percakapan berdasarkan urutan pesan.
    Tahun 1994-2001, Blog modern berkembang dari sebuah diary online dimana masyarakat ketika itu mau menampilkan kehidupan pribadi mereka di internet. Kebanyakandari mereka di sebut dengan diarist, atau jurnalis. Justin Hall adalah orang yang   pertama kali membuat blog pribadi pada tahu 1994   ketika dia masih menjadi mahasiswa di Swarthmore College, dan dialah yang menjadi pelopor blog pertama kali.

     Istilah wep blog diciptakan oleh Jorn Barger pada tangal 17 Desember 1997. Bentuk pendeknya adalah "blog" yang di populerkan oleh Peter Merholz. Dia memmendekan kata webblog menjad we blog. Istilah tersebut dimasukanya ke dalam blognya di www.peterme.com sekitar bulan April atau Mei 1999. Istilah ini kemudian secara cepat berkembang menjadi to blog artinya edit atau kirim ke blog.

     Setelah melalui perkembangan yang cukup lamban, maka blog mendapatkan popularitas ketika sebuah wepsite yang bernama Xanga mempunyai 50 juta diary pada Desember 2005,yang sebelumnya pada tahun 1997 hanya mempunyai 100 diary.

     Pengunaan blog menjadi lebih populer ketika seiring dengan munculnya berbagai tool yang semakin mempermudah pembuatan blog, antara lain sebagai berikut.

1.     Opra Diary, hadir pada bulan Oktober 1998. Opra Diary menjadi blog pertama yang menajak 
        pembacanya memberikan komentar dan tanggapan kepada penulis lain yang ada dalam blog tersebut.
2.     Live Jurnal, dimulai pada bulan Maret 1999 oleh Brad Fitzpatrick.
3.     Pitas.com, pada bulan Juli 1999 oleh Andrew Smales, yang kemudian diikuti oleh Diaryland pada
        September 1999 yang lebih memfokuskan untuk komunitas diary-diary pribadi.
4.     Blogger.com, pada bulan Agustus 1999 oleh Evan Williams dan Meg Hourihan dari Pyra Labs (yang
        sekarang telah dibeli oleh Google pada bulan Februari 2003).

     Pada tahun 2001-2004, beberapa blog di Amerika telah menjadi populer dan sebagian besar digunakan untuk mendukung kegiatan politik orang-orang pemerinthan seperti Andrew Sullivan.com, Ron Gunzburger.com dan lain-lain.

     Dari tahun 2004 sampai sekarang blog telah menjadi "wabah" di internet yang tidak dapat dihindari. Puluhan bahkan ratusan web blog telah mewarnai kebanyakan aktifitas interne saat ini. Blog telah dianngap suatu kebutuhan saat ini karna merupakan media yang efektif dalam mengekspresikan ide, gagasan, dan lain sebagainya.^-^  
sumber http://lihin-android.blogspot.com


Recommended Posts :

2 komentar:

chaeruln mengatakan...

Wah, nice posting..
Keep spirit ngeblognya :D
Mampir2 juga kesini :)
http://amygdala.blog.stisitelkom.ac.id/

hafidz mengatakan...

terimakasih ea sering-sering mampir di sini ;;)
oke segera meluncurr :D

Posting Komentar - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))